Alur Form Data Barang


Alur program form data barang :
1.         Untuk dapat menggunakan form data barang ini kita harus sudah login ke dalam aplikasi ini dan selama kita belum login aplikasi maka program akan terus mengarahkan kita ke form login aplikasi.
2.         Kemudian kita pilih menu data รจ barang dan form data barang akan segera muncul di layar. Di form ini kita dapat melakukan input,edit dan delete data barang.
3.         Untuk menginputkan data barang baru kita tinggal mengklik kolom yang kosong pada tabel yang ada di dalam form data barang ini. Kemudian kita isikan data barang dengan lengkap dan valid (penggunaannya seperti pengisian pada Microsoft excel). Untuk menginputkan data baru kembali kita tinggal menekan panah bawah saja maka akan muncul kolom baru untuk pengisian data baru.
4.         Untuk editing data dapat dilakukan langsung pada tabel yang tersedia di form ini. Jadi user tidak kesulitan dalam mengedit data.
5.         Dan untuk menghapus data user juga hanya menekan tombol delete pada keyboard untuk menghapus data yang dimaksudkan.

6.         Segala data yang diinputkan dan dieditkan di tabel ini bersifat sementara dan tidak langsung tersimpan di database. Jadi untuk menyimpannya dalam database user menekan tombol save pada form ini. Dan jika ada kesalahan proses penghapusan data user hanya perlu menekan tombol cancel pada form maka data yang tidak sengaja terhapus masih bisa dikembalikan.
7.         Pada saat user menekan tombol save maka semua data pada database akan dihapus semua untuk menghindari penumpukan data. Kemudian setiap row table akan divalidasi apakah ada row yang kosong atau sudah ada di database. jika ada kesalahan maka proses penyimpanan data akan terhenti dan user harus memperbaikinya dan kemudian menekan tombol save kembali.
8.         Untuk melakukan pencarian data barang maka user tinggal mengetikkan kata sebagai criteria nama barang yang akan dicari. Dan pada table itu akan muncul hasil pencarian akan tetapi hanya bertahan 9-10 detik saja dan setelah itu tampilan akan kembali sama seperti sebelum pencarian agar tidak membingungkan user yang akan menginputkan data.

Comments

Popular posts from this blog

Flowchart Penjualan Grosir / Eceran