Alur Program Form Supplier,Konsumen dan Sales


Alur program form supplier,konsumen, dan sales pada dasarnya adalah sama jadi saya akan membahas salah satunya saja yaitu form supplier. Alur program form supplier sebagai berikut :
1.       Agar dapat menggunakan form supplier ini user sudah harus login aplikasi terlebih dahulu karena kalau user belum login maka program akan mengarahkan user kepada form login aplikasi.
2.       Kemudian piliha menu data dan sub menu supplier dan segera form data supplier muncul di layar.
3.       Untuk pengkodean supplier saya memakai angka saja. Kode supplier akan muncul secara otomatis di saat form data supplier pertama kali muncul. Kode supplier akan otomatis dihitung oleh sistem melihat dari data terakhir di database.
4.       Untuk input data baru kita tinggal mengisikan data supplier yang ke dalam kolom-kolom pengisian yang telah tersedia. Isilah data supplier dengan lengkap dan valid.

5.       Untuk menyimpan data supplier ke dalam database kita tekan tombol save pada form. Sebelum data dimasukkan ke dalam database akan dilakukan pengecekkan apakah ada kolom isian yang masih kosong atau hanya diisi character space saja. Jika tidak ada maka data akan langsung dimasukkan ke dalam database.
6.       Untuk melakukan editing user dapat mencari data yang akan diedit di dalam tabel yang ada pada form dan setelah ditemukaan klik dua kali data tersebut. Maka data akan muncul dalam kolom pengisian di atas tabel dan data siap diedit oleh user. Dan untuk menyimpan perubhan data tekanlah tombol save dan program akan mengecek apakah ada kolom isian yang masih kosong, jika tidak proses perubahan data segera dilakukan pada database.
7.       Untuk menghapus data yang sudah ada maka tekan tombol delete pada keyboard dan akan muncul peringatan untuk memastikan penghapusan data. Dan data akan segera terhapus dari database.
8.       Untuk melakukan pencarian data supplier maka ketikkanlah beberapa huruf atau kata dan tekan tombol cari pada form dan pada tabel akan muncul data-data supplier yang sesuai dengan criteria pencarian tersebut. Hasil pencarian akan bertahan selama 4-5 detik saja dan setelah itu akan kembali ke tampilan awal. Pencarian data berguna untuk mencari data saat data telah banyak.

Comments

Popular posts from this blog

Flowchart Penjualan Grosir / Eceran